Kebudayaan Jadi Modal Bangun Kemajuan Nasional

Untuk membangun kemajuan di Indonesia harus dilandaskan dengan kebudayaan nasional yang kuat dan berkepribadian bangsa Indonesia.
Jum'at, 06 September 2019 08:30 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menegaskan untuk membangun kemajuan di Indonesia harus dilandaskan dengan kebudayaan nasional yang kuat dan berkepribadian bangsa Indonesia.

Sangat penting memastikan agar negara menjamin terlaksananya pembangunan manusia Indonesia yang berkebudayaan Indonesia, kata Puan dalam pidatonya saat menerima penghargaan Alumni Kehormatan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Jakarta, Kamis (5/9).

Baca:Jokowi TegaskanSDMBerkualitas Fondasi Pembangunan

Menurut Puan, kebudayaan tidak semata-mata ditempatkan sebagai identitas, simbol status, dan semacamnya, melainkan difungsikan guna membentuk cara berpikir, berperilaku, dan berkarya bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Menurut Puan, di era disrupsi seperti saat ini tidak mustahil kebudayaan transnasional akan menjadi tuan di negeri ini apabila kebudayaan yang berkembang di wilayah Indonesia dibiarkan secara alamiah.

Baca juga :