Novita Hardini Ungkap Kedekatan Buya Hamka dan Bung Karno

7 tahun sebelum Indonesia merdeka, pada tahun 1938, Buya Hamka dipertemukan dengan Bung Karno oleh aktivis muslim Tionghoa, Abdul Karim Oei.
Rabu, 12 April 2023 14:30 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Politisi PDI Perjuangan Novita Hardini sekaligus istri Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berperan sebagai Fatimah, kakak dari Buya Hamka dalam film Buya Hamka yang akan segera tayang serentak di bioskop pada Kamis, 20 April 2023.

Baca:TB Hasanuddin Ibu Ika Launching Kelas Baru Ponpes Fajrussalam

Melalui Gala Premiere yang ditayangkan serentak di 18 Kota di seluruh Indonesia pada Minggu (9/4), Novita mengungkapkan bagaimana kedekatan Bung Karno dengan Buya Hamka.

7 tahun sebelum Indonesia merdeka, pada tahun 1938, Buya Hamka dipertemukan dengan Bung Karno oleh seorang aktivis muslim Tionghoa, Abdul Karim Oei di Bengkulu, ungkap Novita, Minggu (9/4).

Novita menjelaskan Buya Hamka saat itu datang ke Bengkulu untuk mengikuti kegiatan Muhammadiyah, kemudian bertemu dengan Bung Karno saat dipindahkan Belanda setelah menjadi tahanan politik setelah mendekam 4 tahun di Ende, NTT.

Saat bertemu dengan Bung Karno, Karim Oei menunjukkan tulisan roman Buya Hamka berjudul di Bawah Lindungan Kabah, Bung Karno mengucapkan selamat dan ingin sekali membaca karya-karya Buya Hamka, tegas Novita.

Baca juga :