Putra: Refleksi Gotong Royong Bung Karno, Musyawarah Mufakat

Gotong Royong menjadi akar dari kelima sila Pancasila yang digali oleh Bung Karno sebagai dasar bagi Bangsa Indonesia yang beranekaragam.
Sabtu, 17 April 2021 09:12 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI Putra Nababan mengungkapkan Putra Sang Fajar, Presiden Pertama RI Ir Soekarno telah menancapkan sebuah konsep solidaritas yang melebihi segalanya, yaitu Gotong Royong sebagai bentuk solidaritas yang sangat dinamis.

Baca:Putra: Benteng Ideologi Pemuda,Gotong RoyongBung Karno

Gotong Royong, lanjut Putra, yang kemudian menjadi akar dari kelima sila Pancasila yang digali oleh Bung Karno sebagai dasar bagi Bangsa Indonesia yang beranenkaragam suku, agama, budaya, namun tetap satu jua atau yang disebut dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Apa dasarnya kita bersatu? Pidato Soekarno satu jam tanpa teks disitulah Beliau menggali Pancasila, Pancasila bukan ditemukan oleh beliau, digali sudah ada di Bumi Indonesia, Beliau menyampaikan 5 sila yang tadi sama-sama kita bacakan, tapi yang beliau sampaikan yang lebih penting lagi bahwa akar dari 5 sila tadi yang Bapak dan ibu bacakan itu adalah gotong royong, ungkap Putra saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Kamis (15/4) di Rumah Aspirasi Putra Nababan, Jakarta Timur.

Baca juga :