Fraksi PDI Perjuangan Kawal Penuntasan RUU Daerah Kepulauan

Fraksi PDI Perjuangan DPR RI memberikan dukungan penuh dan akan mengawal sampai tuntas pembahasan RUU Daerah Kepulauan.
Selasa, 09 Oktober 2018 11:00 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Fraksi PDI Perjuangan DPR RI memberikan dukungan penuh dan akan mengawal sampai tuntas pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan sampai menjadi pokok atau menjadi produk undang-undang yang definitif.

Demikian disampaikan Anggota F-PDI Perjuangan Vanda Sarundajang saat membacakan pandangan umum F-PDI Perjuangan pada sidang pertama Panitia Khusus (Pansus) RUU Daerah Kepulauan, yang dipimpin oleh Ketua Pansus RUU Daerah Kepualuan Edison Betaubun di Ruang Pansus DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (8/10).

Baca:Wagub Sulut Lantik Audy Gantikan Ivone Bentelu

RUU Daerah Kepulauan harus berlandaskan asasArchipelago Principle, kepastian hukum, desentralisasi keadilan, kearifan lokal, akuntabilitas, transparan, akuntabel, partisipasi masyarakat yang berkelanjutan untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antar daerah berbasis kontinental dan kepulauan dalam bingkai NKRI, jelas Vanda.

Vanda menyampaikan keterkaitan sejumlah isu-isu yang krusial seperti perhitungan dana, perimbangan pusat dan daerah, kewenangan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) laut, dan isu krusial lainnya, agar dapat dibahas dalam semangat persatuan keadilan untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bangsa.

Baca juga :