Ganjar Tegaskan Konsep Trisakti Bung Karno Masih Relevan

Di tengah gejolak geopolitik yang dihadapi dunia pada saat ini, Indonesia perlu menunjukkan sikap sebagaimana yang dituangkan Bung Karno.
Senin, 18 Juli 2022 17:30 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Salatiga, Gesuri.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng)Ganjar Pranowo menilai konsep Trisakti Bung Karno masih relevan digunakan oleh bangsa Indonesia untuk menghadapi gejolak geopolitik yang terjadi di dunia pada saat ini.

Geopolitik dunia sedang bergejolak, sedang terjadi turbulensi yang sangat luar biasa. Maka sekali lagi, apa sikap kita, rasa-rasanya, masih sangat relevan apa yang disampaikan Bung Karno dengan Trisakti-nya, kata Ganjar saat memberikan sambutan dalam Seminar Wawasan Kebangsaan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bertajuk Membangun Wawasan Kebangsaan di Era Disrupsi Informasi: Strategi Pemerintah Jokowi Menjaga Keamanan Nasional, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube UKSW Salatiga, di Jakarta, Senin (18/7).

Menurut Ganjar, di tengah gejolak geopolitik yang dihadapi dunia pada saat ini, Indonesia perlu menunjukkan sikap-sikap, sebagaimana yang dituangkan oleh Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dalam Trisakti Bung Karno, yaitu berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Baca:John Wempi: Orang Papua Tak Boleh Miskin di Tanah Sendiri

Baca juga :