Menteri Basuki Fokuskan Evakuasi dan Pembersihan Puing

Kementerian PUPR sudah mengirimkan sejumlah alat berat yang sebagian sudah berada di lapangan.
Senin, 24 Desember 2018 12:02 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan prioritas utama masa tanggap darurat pascabencana tsunami di Pandeglang dan Lampung Selatan adalah mengevakuasi korban dan membersihkan sampah puing selama tujuh hari ke depan.

Saat meninjau salah satu titik kerusakan paling parah di Mutiara Carita Cottage, Banten, Minggu (23/12), Menteri Basuki menjelaskan kedatangannya atas perintah Presiden Joko Widodo yang sedang berada di Luwuk, Banggai. Presiden pun direncanakan akan meninjau lokasi bencana pada Senin siang.

Baca: Tsunami Banten, Ini Respon Cepat Presiden Jokowi

Dari sisi infrastruktur tidak banyak terdampak. Paling parah adalah banyak sampah yang menjadi tugas kami untuk membersihkannya serta rumah-rumah semi permanen yang rusak, kata Menteri Basuki melalui keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin (24/12).

Peninjauan lokasi bencana juga turut dihadiri Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dodi Ruswandi.

Baca juga :