Mufti Anam Soroti Kerumitan Proses Refund Atau Pembatalan Tiket Kereta Api 

Ia bahkan mengungkapkan adanya laporan bahwa dana refund tidak diterima konsumen.
Sabtu, 23 Agustus 2025 16:01 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi Vl DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Mufti Anam, menyoroti kerumitan proses refund atau pembatalan tiket kereta api.

Ia bahkan mengungkapkan adanya laporan bahwa dana refund tidak diterima konsumen, melainkan masuk ke rekening oknum pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Coba bapak sekali-kali bapak pesan tiket melalui Traveloka, atau melalui akun KAI, Bapak pesan yang disitu ada opsi refund 100 persen. Bahkan, 2 jam sebelum keberangkatan. Tapi saat bapak mau refund, prosesnya ribet sekali, kata Mufti Anam dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (20/8).

Ia menjelaskan, proses refund tiket kereta api masih dianggap menyulitkan konsumen. Padahal tiket dibeli secara digital, namun pengembalian dana tetap harus dilakukan secara manual dengan mendatangi stasiun.

Bahkan di era digital hari ini, kalau mau refund harus datang ke stasiun dengan membawa KTP dengan KTP punya sendiri, ucapnya.

Baca juga :