Pemerintah akan Bangun Rusus bagi Korban Tsunami Selat Sunda

Pemerintah tengah menunggu pendataan jumlah rumah warga yang rusak dan juga lokasi baru yang akan menjadi tempat pembangunan.
Kamis, 27 Desember 2018 15:45 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun rumah khusus (rusus) bagi warga yang rumahnya rusak karena tsunami di Selat Sunda pada Sabtu (22/12).

Kalau untuk rumah, akan kami bantu bangun tapi mungkin tidak di situ, harus direlokasi. Karena itu hanya lima meter dari pantai yang hancur itu, betul-betul di bibir pantai. Jadi bahaya, apalagi yang persis menghadap Krakatau, kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai acara penyerahan izin prinsip Politeknik PUPR dari Kemenristekdikti kepada Kementerian PUPR di Gedung Utama Kementerian PUPR di Jakarta, Kamis (27/12).

Baca:Ke Banten, Jokowi Pastikan PenangananTsunamiBerjalan Baik

Saat ini, lanjut Basuki, pihaknya tengah menunggu pendataan jumlah rumah warga yang rusak dan juga lokasi baru yang akan menjadi tempat pembangunan rumah khusus tersebut.

Berdasarkan data terakhir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 924 unit rumah rusak akibat tsunami yang menerjang Lampung dan Banten.

Baca juga :