PUPR Apresiasi Anas Pertahankan Kekhasan Arsitektur Lokal

Banyuwangi menjadi contoh dalam pengembangan arsitektur yang mengadopsi kearifan arsitektur nusantara.
Jum'at, 03 Agustus 2018 17:09 WIB Jurnalis - Alphan Dwi Cahyo

Banyuwangi, Gesuri.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengapresiasi komitmen Banyuwangi di bawah komando Bupati Abdullah Azwar Anas dalam mempertahankan identitas lokal pada banyak desain gedung dan bangunan. Ini menjadi contoh dalam pengembangan arsitektur yang mengadopsi kearifan arsitektur nusantara.

Hal tersebut disampaikan Direktur Bina Penataan Bangunan Kementrian Pekerjaan Umum Iwan Supriyanto pada acara konsultasi teknis peraturan perundang-undangan penataan bangunan dan lingkungan yang berlangsung di Banyuwangi, Kamis (2/8). Acara tersebut dihadiri jajaran Dinas PU dari 38 kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Timur.

Baca: Pariwisata Banyuwangi Dibangun dengan Libatkan Rakyat

Iwan mengatakan saat ini di Indonesia sudah menjamur pembangunan gedung tinggi dan multifungsi. Namun tidak dipungkiri, pembangunan gedung dan bangunan tersebut banyak yang terimbas oleh kemajuan teknologi dan budaya luar. Hal ini memudarkan ciri khas lokal yang menjadi kekayaan daerah di Indonesia.

Sehingga identitas tiap daerah tetap terjaga dari gedung-gedungnya. Sesuai amanat presiden akar pembanguan kita diperlukan perda bangunan gedung yang merupakan amana persyaratan administrartif dan teknis. Keselamatan, kenyamanan kesehatan kemudahan kenyamanan.

Baca juga :