Respon Cepat Ganjar Tangani Kasus Perundungan Tuai Pujian

Ganjar geram mengetahui masih adanya perundungan yang terjadi di lembaga pendidikan.
Sabtu, 15 Februari 2020 19:15 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id Respon cepat yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam menyelesaikan aksi perundungan yang menimpa siswi SMP di Kecamatan Butuh, Purworejo, menuai pujian dari Yayasan Setara. Begitu video perundungan tersebut viral di media sosial, Ganjar langsung berkoordinasi dengan Pemkab dan memerintahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan turun ke lokasi.

Koordinator Setara Hening Budiyawati menyebut, hal itu merupakan langkah responsif. Dikatakannya, ke depan perlu pembenahan pada sistem komplain di sekolah dan pentingnya pendamping sebaya.

Baca: Ganjar: Gerakan Menanam Pohon Harus Terus Dilakukan

Masalah tersebut sudah direspon baik oleh Pemprov yang kemudian menginstruksikan Pemkab Purworejo dan dinas terkait, untuk menanganinya. Yang perlu dilakukan adalah mengetahui latar belakang masalah, dan faktornya, karena bullying memiliki faktor yang berbeda-beda, kata Hening, baru-baru ini.

Menurutnya, sekolah perlu mengembangkan sistem komplain yang lebih tertata. Selama ini, memang telah ada mekanisme guru Bimbingan Konseling (BK), namun hal itu dipandang masih kurang. Tugas guru, tidak hanya menjadi pemadam ketika siswa ada masalah. Namun, pendidik dituntut bisa mengidentifikasi potensi siswa yang rentan menjadi perundung ataupun korban perundungan.

Baca juga :