Rokhmin Dorong Generasi Emas Jadikan Desa Basis Pembangunan Nasional

Rokhmin menegaskan maju mundurnya sebuah bangsa sangat bergantung pada generasi mudanya.
Senin, 05 Juni 2023 10:36 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB University, Rokhmin Dahuri,tetap optimis karena Indonesia sangat dicintai Allah SWT, dengan populasi terbesar ke 4 di dunia, hampir 300 juta.

Posisi geoekonomi Indonesia luar biasa diberkahi Allah SWT, karena 40 persen seluruh komoditas dan produk dengan nilai 15 Triliun US Dolar per tahun dikapalkan melalui ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia). Sedangkan Indeks Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia saat ini baru 1,2 Triliun US Dolar, ujar Rokhmin Dahuri saat menjadi pembicara pada pelantikan Badan Pengurus Nasional Generasi Emas Indonesia (BPN-GESID) periode 2023-2028 dengan tema Menjadikan Desa Sebagai Basis Pembangunan Nasional Demi Terwujudnya Pemerataan Pembangunan Yang Berkeadilan digelar di Gedung Nusantara V DPR-MPR RI, Jakarta, Rabu (31/5).

Sayangnya, kita malas sekali karena posisi trend global bukan dimanfaatkan untuk memproduksi dan mengekspor tetapi dimanfaatkan untuk mengimpor dan konsumtif.

Saya khawatir impor itu bukan karena kita tidak bisa berproduksi tapi kebejatan moral para pejabat, karena dari impor itu ada fee 1 ton itu 1000 rupiah. Maka petani kita bukan tidak mau memproduksi tapi dibombardir dengan impor, tandasnya.

Baca:Rokhmin: Kemaritiman Berpotensi Buka Jutaan Lapangan Kerja

Baca juga :