Endro: Partisipasi Pilkada 2020 Tinggi, Menggembirakan!

"Pilkada merupakan amanat UU No. 6 tahun 2020 yang berfungsi mencegah kekosongan jabatan kepala daerah".
Senin, 21 Desember 2020 11:15 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Bandar Lampung, Gesuri.id - Anggota Komisi II DPR RI Endro S. Yahman menilai pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 cukup menggembirakan, karena partisipasi rakyat tetap tinggi di atas 70 %.

Hal ini telah menghapuskan kekhawatiran publik yang selama ini menyangsikan akan rendahnya partisipasi masyarakat yang akan datang ke TPS menyalurkan haknya karena ancaman penularan Covid-19, ungkapnya saat dihubungi di Bandar Lampung, Senin (21/12).

Baca:Hadapi Pandemi, Keluarga Pilar Utama Penerapan Prokes

Pernyataan Endro merespons hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan tingkat partisipasi dalam pilkada di masa pandemi lebih tinggi dari yang diperkirakan. Sekitar 76 persen warga yang tinggal di daerah Pilkada ikut memilih pada 9 Desember 2020, lebih tinggi dari pilkada 5 tahun lalu, yaitu 69 persen.

Partisipasi yang relatif tinggi ini menandakan bahwa masyarakat menginginkan kepala daerah terpilih dapat segera membantu masyarakat di tengah merebaknya PHK, sulitnya ekonomi masyarakat di tengah pandemic Covid - 19, tambah Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Lampung I tersebut.

Baca juga :