Kalah di Banten, Ma'ruf Amin Tak Mau Ambil Pusing

Kiai: Jadi kita jangan bicara daerah, bicara nasional saja.
Jum'at, 17 Mei 2019 23:30 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Maruf Amin tak ambil pusing prihal kekalahannya di Banten dan Jawa Barat yang notabene adalah kampung halamannya. Dia lebih melihat kemenangan dari skala nasional.

Enggak apa-apa daerah-daerah, tapi yang penting nasionalnya saja. Jadi kita jangan bicara daerah, bicara nasional saja. Kalau nasionalnya, Alhamdulillah, ungkap Maruf Amin usai menghadiri buka puasa bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5).

Sebelumnya, selama delapan bulan masa kampanye, Maruf Amin nampak rajin turun di daerah Banten dan Jawa Barat. Bahkan TKN Jokowi-Maruf Amin pun menargetkan kemenangan di basis suara Prabowo tersebut sebesar 60 persen. Sayangnya, mereka harus kembali menelan pil pahit saat hasil rekapitulasi Banten dan Jawa Barat dikeluarkan oleh Komisi Pemilahan Umum (KPU).

Saat ditanya, apa saja penyebeb kekalahanya, mantan Rais Aam PBNU ini hanya menyebut ada berbagai faktor penyebabnya. Ya banyak faktor tentunya, lebih banyak faktor lah, ujarnya.

Senada dengan Maruf Amin, Sekretaris TKN Jokowi-Maruf Amin, Hasto Kristiyanto menyebut bahwa hasil pemilu tidak melihat kalah menang di daerah-daerah, melainkan satu kesatuan dari seluruh wilayah.

Baca juga :