Cagub Wayan Koster Siap Pasarkan Gamelan Bali

Kedepannya, Koster akan menginisiasi kerja sama dengan pemerintah daerah lain yang banyak warga perantauan asal Bali.
Senin, 12 Maret 2018 13:41 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Banyaknya keluhan dari para pengerajin gamelan di Desa Tihigan tentang sulitya permodalan dan pemasaran produk gamelan, membuat Calon Gubernur Bali I Wayan Koster menyiapkan diri sebagai pemasar bagi produk kerajinan industri gamelan di daerah tersebut.

Adapun I Made Suarsana salah seorang pengrajin gamelan asal Tihingan meminta kepada Koster untuk bisa ikut memasarkan produk-produk kerajinan yang dibuat warga desanya.

Misalnya kan warga Bali banyak yang transmigrasi ke beberapa daerah. Jumlah mereka besar. Pak Koster yang punya jaringan luar sekiranya bisaa membantu agar warga di perantauan bisa membeli gamelan dari kami, ujar Made.

Sedikit berbeda dengan Made, seorang warga desa Tihingan lainnya bernama I Gede Pande Yasa, justru mengeluhkan masalah permodalan untuk mengembangkan usaha gong yang menurutnya hanya satu-satunya di Bali.

Untuk mengembangkan produksi para pengrajin mayoritas terkendala permodalan. Jadi, mohon solusi dari Pak Koster, astungkara 27 Juni terpilih sebagai Gubernur Bali, ucapnya.

Baca juga :