Hugua: Kabupaten Muna Punya Potensi Wisata Religi

Kabupaten Muna memiliki potensi objek wisata yang dapat dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata domestik dan mancanegara.
Jum'at, 01 Juni 2018 10:42 WIB Jurnalis - Alphan Dwi Cahyo

Raha, Gesuri.id Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Hugua melakukan konsolidasi tim di Kabupaten Muna sekaligus dirangkai dengan buka puasa bersama yang dipusatkan di Kota Raha, pekan lalu. Dalam kesempatan itu, Hugua menyempatkan diri berkunjung ke beberapa objek wisata di Muna, di antaranya, wisata religi Masjid Tua Lohia dan Pantai Napabale.

Hugua mengungkapkan, Kabupaten Muna memiliki potensi objek wisata yang dapat dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata domestik dan mancanegara dengan didukung sistem penataan dan pengelolaannya dimaksimalkan, tanpa mengubah kultur sosial budaya masyarakat setempat.

Baca: Hugua Sarankan Bombana Bangun Pasar Bajo Higienis

Situs sejarah Masjid Lohia sebagai lokasi penyebaran Islam pertama di Muna harus dipertahankan, karena ini bisa menjadi objek wisata religi, ungkap Hugua.

Sementara itu, Imam Masjid Tua Lohia, La Ode Dandila mengungkapkan, awalnya ukuran Masjid Lohia hanya 46 meter, mirip masjid Demak di Jawa yang memiliki 1 pintu saja. Namun kini banyak mengalami perubahan, sehingga keaslian bangunannya sudah hilang.

Baca juga :