Safaruddin Datangi Kampung "Gelap Gulita" di Balikpapan

Warga selama ini mengandalkan penerangan tradisional.
Rabu, 21 Maret 2018 12:30 WIB Jurnalis - Yansen Milala

Jakarta, Gesuri.id- Calon Wakil Gubernur Kaltim usungan PDI Perjuangan Safaruddin mengaku kaget dan tidak percaya ketika membaca berita tentang masih adanya kawasan di Balikpapan yang belum dialiri listrik dan Jalan menuju kampung tersebut juga masih rusak parah.

Setelah membaca berita tesebut, Safaruddin Tergugah dan membuatnya mendatangi kawasan tersebut yang bernama Salok Lay. Daerah tersebut ditempuh selama dua jam atau sekitar 47 kilometer dari pusat kota. Kampung itu berdiri di RT 09, Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur.

Kendaraan roda empat yang membawa Safaruddin pun harus berjuang keras melewati medan jalan yang sulit untuk tiba di sana. Selepas Waduk Teritip di Balikpapan Timur, jalan tak lagi berbalut semen. Jalur yang tersedia penuh lubang dan harus diterjang sepanjang 15 kilometer.

Beruntung cuaca pada saat itu sedang terik-teriknya. Sebab, bila hujan turun jalan tak bisa dilalui kendaraan sama sekali. Ketika hujan, warga Kampung Salok Lay harus berjalan kaki jika ingin ke Lamaru. Pilihan lain, mereka terpaksa menunggu jalan kembali mengeras.

Hal itu dibenarkan Ketua RT 09 Salok Lay, Elsan. Kata Elsan, warga RT 09 di kampung Salok Lay berjumlah 33 kepala keluarga. Mereka kebanyakan bekerja sebagai petani karet. Memang di sepanjang jalan, pohon karet berbaris rapi dan menjulang tinggi.

Baca juga :