Kisah Persahabatan Bung Karno Dengan Negeri China

Megawati mengakui ayahnya memiliki hubungan baik dengan China.
Senin, 08 Juli 2019 19:14 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Jakarta, Gesuri.id - Pernyataan Wakil Presiden China Wang Qishan kepada Presiden kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri dalam The World Peace Forum VIII di Universitas Tsinghua, Beijing, China baru-baru ini membuka kisah lama keakraban Presiden pertama RI Bung Karno dengan Negeri China.

Saat bertemu Megawati, Wang menyatakan bahwa Bung Karno yang juga ayah Megawati itu sangat populer di China. Bahkan, bagi Wang sendiri, sosok Bung Karno sangat berkesan. Saat masih anak-anak, ternyata Wang ikut menyambut Bung Karno dengan berdiri di pinggir jalan saat Sang Penggali Pancasila itu berkunjung ke China.

Baca:Megawati: Gerakan Non Blok Masih Relevan Ciptakan Perdamaian

Megawati pun mengakui ayahnya memiliki hubungan baik dengan China, terutama saat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika. Megawati mengatakan ketika Konferensi Asia-Afrika pertama, Bung Karno meminta kepada Mao Zedong melalui Perdana Menteri Chou Enlai untuk masuk ke Konferensi Asia-Afrika. Dan permintaan Bung Karno itu direspon positif oleh China.

Ya, kedekatan Bung Karno dengan China memang fakta sejarah. Sosok Bung Karno pun memang sangat dihormati di China. Hal ini tampak saat kunjungan kenegaraan Bung Karno ke negeri tirai bambu pada 15 September 1956.

Baca juga :