Madiun, Gesuri.id Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Banyu Biru Djarot menegaskan bahwa kekuatan utama sektor pariwisata di era digital terletak pada strategi komunikasi yang cerdas dan kolaboratif.
Hal itu ia sampaikan dalam kegiatan Diseminasi Strategi dan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Penguatan Konten bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Kabupaten Madiun, Selasa (7/10/2025).
Menurut Banyu, penguatan strategi komunikasi pariwisata harus menjadi langkah nyata untuk meningkatkan daya saing wisata lokal, membuka peluang ekonomi kreatif, serta memperluas jangkauan destinasi wisata Indonesia di tingkat global.
Langkah nyata untuk memperkuat daya saing wisata lokal adalah dengan membuka peluang ekonomi kreatif dan menjangkau dunia melalui kekuatan digital, ujar Banyu.
Ia menjelaskan, di tengah era serba cepat seperti sekarang, daya tarik sebuah destinasi wisata sering kali ditentukan hanya dalam hitungan detik saat tampil di media sosial. Karena itu, pelaku wisata harus memahami pentingnya konten kreatif dan strategi digital marketing.