DPR Desak Facebook Serius Lindungi Data Pengguna

Evita menyayangkan sikap pihak Facebook yang seolah menganggap kebocoran data pengguna ini sebagai hal yang biasa
Selasa, 17 April 2018 20:38 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI PerjuanganEvita Nursanty memberi peringatan kepada Facebook untuk segera melakukan perbaikan sistem guna mencegah kebocoran data penggunaterjadi kembali. Hal ini dia sampaikan saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi I DPR dengan Facebook Indonesia di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4).

Jika tidak bisa memberikan jaminan itu sekarang, maka kami akan mendorong untuk melakukan audit, karena kasus ini telah menghilangkan kepercayaan publik di Indonesia terhadap Facebook, tegas Evita.

Adapun saat ini, Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara pengguna jejaring sosial terbesar di dunia. Dalam RDPU tersebut, Evita menyayangkan sikap pihak Facebook yang seolah menganggap kebocoran data pengguna ini sebagai hal yang biasa.

Pasalnya, selama proses RDPU yang berlangsung sekitar 4 jam, pihak Facebook cenderung melemparkan kesalahan kepada pihak Dr Alexander Kogan, seorang akademisi Cambridge University yang tengah mengembangkan aplikasi daring bernama thisisyourdiigitallife dengan menggunakan fitur Facebook login yang kemudian menyerahkan data pengguna tersebut ke Cambridge Analytica.

Evita mengatakan pihak Facebook selama ini tidak cukup membuat hal yang mampu untuk melindungi data pengguna sehingga menyebabkan keresahan di kalangan masyarakat Indonesia. Sikap ini yang akhirnya menimbulkan kecurigaan bahwa pihak Facebook dan Dr Kogen sedang melakukan konsiprasi dan jual beli data pribadi pengguna.

Baca juga :