Jateng Tingkatkan Kesiapan Rumah Sakit Rujukan Corona

Terdapat 13 rumah sakit yang disiapkan, untuk menangani saat ditemukan pasien suspect virus corona.
Kamis, 12 Maret 2020 14:58 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan Pemerintah Provinsi Jateng terus meningkatkan kesiapan seluruh rumah sakit rujukan menghadapi kasus Corona (Covid-19). Total, ada 13 rumah sakit yang disiapkan, untuk menangani saat ditemukan pasien suspect virus tersebut.

Hari ini kita mengecek kesiapan Rumah Sakit Tugu, dan beberapa rumah sakit lain sudah kita cek. Ini menunjukan kesiapan kita. Di sini sudah disiapkan ruang isolasi berikut alat pelindung diri dan petugas medisnya, ujarnya saat meninjau kesiapan RSUD Tugurejo Kota Semarang, Kamis (12/3).

Pemerintah Provinsi Jateng, juga menjalin komunikasi dengan Kementrian Kesehatan dan BNPB, terkait upaya evakuasi jika terjadi outbreak (penularan) dalam jumlah besar. Selain itu, Ganjar juga mengikhtiarkan bekerjasama dengan pabrik pembuat alat pelindung diri (APD), guna mencukupi kebutuhan jika terjadi kekurangan sediaan.

Ikhtiarnya adalah dengan mengetahui di mana pabrik masker atau APD, kita harus tahu, agar bisa mengantisipasi, tegas Ganjar.

Baca juga :