Arteria: Pilkada 9 Desember, Terbaik Dalam Kondisi Terburuk

"Waktu adalah substansi dari Pilkada, artinya perubahan jadwal pemungutan dan perhitungan suara akan sangat menentukan terpilihnya pasangan"
Selasa, 22 September 2020 09:04 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengatakan penyelenggaraan Pilkada 2020 di tengah pandemi covid-19 yang masih melanda adalah sebuah pilihan terbaik dalam keadaan yang buruk.

Saya dapat mengerti dan memahami suasana kebatinan pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tetap melangsungkan 270 Pilkada untuk digelar serentak pada tanggal 9 Desember 2020. Ini adalah pilihan terbaik dalam keadaan yang buruk seperti sekarang ini, ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Gesuri, Selasa (22/9).

Baca:Eksploitasi Keragaman di Pilkada, Hasto Ingatkan Konsolidasi

Menurutnya, hal tersebut karena hingga saat ini di semua negara belum dapat memastikan kapan pandemi Covid-19 ini akan segera selesai, sedangkan negara perlu menjamin hak konstitusional rakyat yakni hak memilih maupun dipilih.

Serta, lanjutnya, dalam aspek pemerintahan negara wajib memastikan bahwa masa jabatan seorang kepala daerah tidak boleh berkurang atau berlebih walau satu detik pun.

Baca juga :