Cagub Papua PDIP John Wempi Siap Kembangkan Kopi Baliem

Menanam kopi sudah menjadi budaya masyarakat Baliem dan bagi masyarakat Wamena, tidak dilakukan saat ini saja
Senin, 12 Maret 2018 15:06 WIB Jurnalis - Yansen Milala

Jakarta Gesuri.id- Calon Gubernur Papua usungan PDI Perjuangan John Wempi Wetipo (JWW), melakukan blusukan ke Pabrik Kopi Baliem untuk melihat dari dekat komoditas kopi yang menjadi unggulan di Kampung Yagara, Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya.

John Wempi Wetipo berharap agar Kopi Arabika Wamena yang telah ditanam turun menurun oleh masyarakat Wamena, menjadi komoditas yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat, sesuai dengan salah satu poin dalam visi misi yang diusung pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae atau yang biasa disapa sebagai pasangan Josua adalah peningkatan ekonomi kerakyatan.

Menanam kopi sudah menjadi budaya masyarakat Baliem dan bagi masyarakat Wamena, tidak dilakukan saat ini saja, tetapi sudah dilakukan berpuluh tahun lamanya yang dibawa oleh Missionaris Belanda, kata Wempi, Jayawijaya, akhir pekan kemarin

Wempi mengatakan, bahwa ke depannya pemerintah perlu memberikan dana tambahan untuk mendorong petani kopi lebih mengembangkan hasil panennya. Dana tambahan tersebut bisa bersumber dari dana Otonomi khusus (Otsus), melalui pemberian bantuan bibit, bantuan alat pembukaan lahan, lalu bagaimana masyarakat bisa mengembangkan usaha yang lebih luas lagi.

Saat ini yang menjadi masalah adalah rendahnya harga kopi dibawah rata-rata, hingga menyebabkan masyarakat malas kembali untuk menanam kopinya, Harga yang ditawarkan per kilogram kopi saat panen bisa Rp 45 ribu hingga Rp 60 ribu, dan apabila Tuhan berkehendak saya memimpin provinsi Papua pasti akan kami programkan untuk pengembangan petani kopi didaerah pengunungan Papua, ungkap wempi

Baca juga :