Cawagub Giri Kiemas Siap Tingkatkan Pelayanan Puskesmas

Rencananya nanti sekitar di tiga atau empat kecamatan yang berdekatan harus ada Puskesmas dengan fasilitas rawat inap yang besar dan luas.
Kamis, 24 Mei 2018 13:53 WIB Jurnalis - Ali Imron

Palembang, Gesuri.id - Cawagub Sumsel bernomor urut empat Giri Ramanda Kiemas siap untuk meningkatkan pelayanan terhadap puskesmas demi perbaikan mutu layanan kesehatan bagi warga Sumsel.

Ke depan yang harus diperkuat adalah membangun Puskesmas Tipe A di kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Dimana, di Puskesmas tersebut terdapat layanan rawat inap. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengurangi beban RSUD di kabupaten/kota, dan mengurangi rujukan Rumah Sakit (RS) Tipe B dan A di Sumsel, khususnya di Kota Palembang, ujar Giri beberapa waktu lalu.

Baca : Giri Ramanda Optimistis Menangkan Pilgub Sumsel

Menurut Giri, upaya peningkatan kesehatan tersebut sudah termasuk ke dalam salah satu program kerja yang diusung oleh pasangan Calon Gubernur (Cagub)-Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel H Dodi Reza Alex-H M Giri Ramanda N Kiemas.

Sekarang kondisinya terjadi kelebihan pasien di Rumah Sakit Mohammad Hosein atau RSMH Palembang sebagai rujukan akhir di Sumsel. Untuk itu ke depan pemerintah daerah harus memperkuat Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama di kecamatan. Ini akan pasangan Dodi-Giri lakukan jika terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur nanti, katanya.

Baca juga :