Yasonna Pastikan Napi di Lapas Sorong Ditangkap Kembali  

Yasonna: Ada yang lari, lebih dari 258 orang lari. Oleh kami sementara sudah bisa diamankan.
Rabu, 21 Agustus 2019 10:26 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Badung, Gesuri.id - Narapidana di Lapas Sorong yang kabur akibat adanya kerusuhan dipastikan telah ditangkap kembali.

Ada yang lari, lebih dari 258 orang lari. Oleh kami sementara sudah bisa diamankan. Kantor terbakar tapi sel-sel blok sel aman. Jadi kami sudah koordinasi dengan Polda dan Pangdam, ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly saat ditemui di Muktanar V PKB, Badung, Bali, Selasa (20/8), dilansir nasional.kompas.com, Rabu (21/8).

Baca:Isu SARA Papua,Restu: Waspadai Jebakan Perang Proksi

Kerusuhan di Lapas Sorong terjadi akibat dampak dari kerusuhan di luar lapas, saat warga memprotes tindakan rasis terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur. Yasonna mengatakan, para narapidana di dalam lapas terprovokasi oleh kerusuhan di luar sehingga mereka bertindak anarkistis.

Menurut Yasonna, Kementerian Hukum dan HAM juga bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk menangani masalah tersebut.

Sempat juga ada persoalan, sekarang bahan-bahan makanan sulit diantarkan ke dalam karena banyak toko-toko yang masih tutup. Pasar-pasar masih tutup, ucap Yasonna. Tapi kami sedang bekerja sama dengan pemerintah daerah supaya bisa membantu penanganan masalah tersebut, yang lari akan terus kami kejar, kata politisi PDI Perjuangan ini.

Baca juga :