Ikuti Kami

Mobil Dinas Sering Mogok, Tjahjo: Wajar Sudah 10 Tahun 

Sempat beberapa kali pindah naik mobil patwal karena mobil tidak bisa jalan.

Mobil Dinas Sering Mogok, Tjahjo: Wajar Sudah 10 Tahun 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengakui mobil dinasnya kerap kali mengalami kerusakan. Toyota Crown Royal Saloon 2009 yang dipakainya ternyata sering mogok. 

Bahkan dia sempat beberapa kali pindah naik mobil patwal karena mobil tidak bisa jalan, dilansir dari nasional.sindonews.com, Senin (26/8).

“Sering ya sering. Saya pindah ke patwal empat kali,” kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Dia menilai wajar jika mobil dinasnya sering mengalami kerusakan karena sudah berumur 10 tahunan. “Mendadak 'sek' (mati). Ya enggak apa-apa, namanya mobil lama. Mobil baru, merek apapun kalau sudah di atas lima tahun pasti akan sama,” ungkapnya.

Baca: Toyota Crown G-Executive Resmi Jadi Mobil MenteriJokowi

Sebenarnya jika mengalami kerusakan jajaranya melakukan perbaikan. Namun biaya perbaikan ternyata cukup mahal karena harus memperbaiki beberapa komponen. “Ya ada aja. Ada AC, ada rem,” tuturnya.

Dia sendiri mengaku cukup sering menggunakan mobil pribadinya dalam menjalankan tugas. Mobil pribadi yang sering digunakannya yakni Toyota Crown Royal Saloon 2003 dan Toyota Innova. “Ya seringlah. Engga ada masalah (dipakai jadi mobil dinas),” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan ini menilai pengadaan mobil dinas baru bagi menteri adalah hal wajar. Menurutnya saat awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat akan pengadaan tapi dibatalkan.

“Saya kira wajarlah kalau 10 tahun ada pergantian. Dulu juga sama, awal-awal Pak Jokowi kan juga ribut. Terus akhirnya dicek Pak Jokowi masih layak, ya masih layak. Termasuk mobil presiden pun,” katanya.

Quote