Jakarta, Gesuri.id - Pakar Komunikasi san Administrasi Publik, Agung Firman Sampurna menilai memperkuat pelayanan publik menjadi capaian kinerja Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.
Setidaknya, hal itu terlihat saat Firman membedah buku berjudul "Hitam Putih Ganjar, Jejak Kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah."
Ketua BPK 2019-2022 itu, membedah buku tersebit dengan kata kunci tertentu. Hasilnya, terdapat 301 kali kata "masyarakat" yang dikutop dalam buki tersebut.
Baca: GSI Dukung Ganjar Pranowo Gelar Peragaan Busana di Jalan
Selain itu, ada juga 106 kali kata "pelayanan" dan 53 kali kata "pelayanan publik" yang dikutip dalam buku dengan jumlah isi halaman 376 dan 15 bab tersebut.
"Dengan cermati isi buku tersebut bahwa peningkatan pelayanan publik, itu menjadi insight pertama dari buku ini," kata Firman saat menjadi lembucara bedah buku tersebut di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2023).
Insight pertama, kata Firman, terkait dengan pelayanan publik. Menurutnya, hal itu selaras dengan tujuan utama pembentukan pemda, yakni sebagai instrumen pelayanan publik.
Ia berkata, penguatan pelayanan publik Ganjar, dilihat dari kinerjanya membangun Mall Pelayanan Publik (MPP).
"Data per Februari 2023, Jateng miliki 28 MPP, ini merupakan jumlah terbanyak dibanding daerah lainnya. Total MPP Indonesia per Februari 2023, itu 110. 65 di Pulau Jawa, 15 Sumatera, 13 Kalimantan, 13 Sulawesi dan 3 Bali dan 1 NTT," kata Firman.
Baca: Kiai Muda Jatim Pendukung Ganjar Perbaiki Jalan Penghubung Desa
Di sisi lain, kata Firman, upaya penguatan peningkatan publik ini dilakukan dengan dukungan peningkatan kapasitas kelembagaan. Hal itu terlibat dari sejumlah data survei terkait pelayanan publik.
Pertama terkait Indeks Reformasi Birokrasi Pemprov Jateng per 2022 sekitar 80%. Seiring dengan itu intergitas Pemprov Jateng juga terbilang tinggi. Dari data yang dimiliki Pemprov Jateng per 2022, Survei Penilaian Integritas Pemprov Jateng sebesar 78,17%.
Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terbilanh tinggi. Dari data Pemprov Jateng per 2022, Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 83,50%