Tasikmalaya, Gesuri.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) diharapkan menjadi salah satu pendorong tumbuhnya investasi di daerah.
Terintegrasinya berbagai jenis layanan perizinan dan non perizinan didalam satu gedung memberi kemudahan dalam sektor investasi.
Anas menekankan arahan Presiden Joko Widodo bahwa reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas. Reformasi birokrasi harus berdampak dan lincah.
Baca: Eri Minta Semua Pelayanan Publik Dipasang CCTV
Kehadiran MPP merupakan bentuk dari reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemkot Tasikmalaya dan Pemkab Kuningan. Tidak hanya tempat terintegrasinya berbagai layanan, MPP juga terus dikembangkan agar bisa beradaptasi dengan iklim digital.
“Kiranya kehadiran MPP di Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Kuningan yang memberikan kemudahan berusaha menjadi pintu utama dalam mendorong pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian daerah serta mendukung optimalisasi berbagai potensi daerah,” kata Anas dalam sambutannya secara virtual, saat peresmian MPP Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Kuningan, Rabu (12/10).
Sudah menjadi tugas pemerintah untuk mendorong kemajuan berbagai potensi daerahnya. Diperlukan kerja sama dan dukungan nyata dari Pemerintah, swasta dan perbankan sehingga produk dalam negeri atau UMKM, potensi wisata, serta berbagai potensi lainnya bisa tetap eksis dan mampu berdaya saing tinggi demi pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.
Baca: Anas Paparkan Penyebab Masalah Data Tenaga Honorer
Anas berpesan kepada Wali Kota Tasikmalaya dan Bupati Kuningan beserta jajaran untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.
Berbagai jenis pelayanan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BUMN/D bahkan swasta dapat dilakukan dalam satu tempat dalam rangka pelayanan yang terintegrasi sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan akses pelayanan oleh masyarakat.
Kedepan diharapkan agar MPP Kota Tasikmalaya dan MPP Kabupaten Kuningan dapat memberikan pelayanan secara konsisten dan berkelanjutan, memelihara dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang sudah tersedia, serta meningkatkan koordinasi dengan instansi lain sehingga semakin banyak jenis layanan yang diberikan sesuai kebutuhan masyarakat.