Ikuti Kami

Narendra Ungkap Lima Mindset Yang Harus Dimiliki Pengusaha

Narendra mengungkapkan ada lima mindset yang harus dimiliki oleh pengusaha, agar bisnis yang dibangun bisa berkembang dengan baik. 

Narendra Ungkap Lima Mindset Yang Harus Dimiliki Pengusaha
Kepala Sekretariat DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) Narendra Kartiyasa Kiemas.

Jakarta, Gesuri.id - Kepala Sekretariat DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) Narendra Kartiyasa Kiemas menyatakan, banyak orang berkeinginan menjadi pengusaha. 

Namun, lanjut Narendra, dalam membangun usahanya mereka menjadi salah kaprah, sehingga akhirnya usaha yang  dirintis tidak terbangun dengan baik.

Baca: Soal KNPI, Narendra Kiemas Berterima Kasih Pada Kemenkumham

Putra tokoh senior PDI Perjuangan, Nazarudin Kiemas, itu pun mengungkapkan ada lima mindset yang harus dimiliki oleh pengusaha, agar bisnis yang dibangun bisa berkembang dengan baik. 

"Mindset pertama itu pilih usaha yang menjadi kekuatan kalian, kalau kalian suka masak bangunlah usaha Food and Beverages, jangan malah memilih usaha konveksi. Begitu sebaliknya, usahakan bisnis pertama kalian apa yang menjadi kekuatan kalian," ujar Narendra. 

Mindset kedua, lanjut Narendra, adalah harus memiliki manajemen yang baik. Manajemen yang dibangun pun harus sesuai dengan ritme kerja sang pengusaha.

"Bukan nyontek sana sini, yang bakal jadi ambaradul sistem manajemen kalian. Bisnis harus disesuaikan dengan karakter owner, namun tetap beberapa model manajemen baku harus diterapkan," ungkap Narendra. 

Mindset ketiga, sambung Narendra, adalah mental yang kuat. Narendra menyatakan, seorang pengusaha harus kuat menghadapi segala rintangan dalam berusaha, serta berpikir tenang dalam segala medan usaha.

"Lalu mindset keempat berpikir taktis, dinamis dan praktikal. Terkadang bisnis tidak perlu buku dongeng seperti dikuliahan, namun buku itu hanya sebagai arahan, jangan berpikir seperti buku, tapi jangan juga berpikir kita bisa semua dan seenaknya menentukan usaha kita," ungkap Narendra. 

Baca: Narendra Ungkap Cara Basmi Mafia Alat Kesehatan

Kemudian, lanjut Narendra, mindset kelima bisnis itu harus punya "hati". Bisnis tanpa niatan baik, dan hati yang bersih akan membuat bisnis yang dibangun terhalang tembok besar. Sebab berbisnis harus siap dengan segala kondisi hati.

"Lima mindset ini kalau diterapkan, mudah mudahan bisa membuat bisnis kita maju, walaupun jalan terjal berbatu pasti bisa dilewati," ujar Narendra.

Quote