Ikuti Kami

Ganjar: Teamwork Jalur KA Solo Balapan-Kalioso Diuji

Ganjar: Pak Menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi), untuk sekian kali kita diuji teamwork kita, untuk kepentingan bersama.

Ganjar: Teamwork Jalur KA Solo Balapan-Kalioso Diuji
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Jakarta, Gesuri.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkapkan pembangunan Jalur Ganda Kereta Api (KA) Elevated Rail Semarang Solo Fase 1 Solo Balapan-Kalioso merupakan tanggung jawab bersama dari tiga lapisan pemerintahan mulai dari pusat, provinsi, hingga kota. 

Baca: Gibran Targetkan Rel Layang Jogja-Solo Rampung Pada 2023

"Pak Menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi), untuk sekian kali kita diuji teamwork kita, untuk kepentingan bersama. Ada tiga layer pemerintahan (yaitu) pusat, provinsi, dan kota," ucap Ganjar dalam acara groundbreaking (peletakan batu pertama) infrastruktur, Sabtu (8/1).

Ia menuturkan, ada beberapa proyek yang telah tuntas dikerjakan bersama pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Contohnya, Bandara Ahmad Yani, Bandara Purbalingga, Bandara Blora, dan menyisakan penyelesaian Bandara Karimun Jawa. Pembangunan infrastruktur penerbangan tersebut merupakan kerja sama antara pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta antar-sektor.

"Maka hari ini yang ingin saya sampaikan adalah apa yang kita kerjakan antara Pemerintah, TNI/Polri, Kejaksaan, antar-sektor, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kita sampaikan kepada publik bahwa kalau kita gotong-royong (bisa) selesai lho," lanjut Ganjar. 

Adapun pembangunan Jalur Ganda KA Elevated Rail Semarang-Solo Fase 1 Solo Balapan-Kalioso ini dilatarbelakangi karena adanya kemacetan di Simpang Joglo yang bersinggungan dengan tujuh ruas jalan raya. 
Konstruksi infrastruktur konektivitas ini dilaksananakan dengan bersinergi antara Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso memiliki panjang 10 kilometer, di mana terdapat elevated track sepanjang 1,8 kilometer. 

Baca: Presiden PKS Salah! Utang Negara Jauh di Bawah Ambang Batas

Selain itu, konstruksinya menggunakan jembatan tipe pelengkung rangka baja komposit dengan bentang 270 meter dan tinggi 40 meter. 

Ini menjadi bentang terpanjang di Indonesia yang melintang di atas Simpang Joglo dengan struktur underpass (terowongan) di bawahnya. Dilansir dari kompascom.

Quote