Ikuti Kami

Rudianto Tjen Ajak UMKM Maksimalkan Teknologi Digital 

Menurutnya, hal itu akan memberikan keuntungan dalam memperluas jangkauan pasar.

Rudianto Tjen Ajak UMKM Maksimalkan Teknologi Digital 
Anggota DPR RI Rudianto Tjen.

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI Rudianto Tjen mengajak pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan teknologi digital dengan sebaik-baiknya. 

Menurutnya, hal itu akan memberikan keuntungan dalam memperluas jangkauan pasar.

“Kewirausahaan digital adalah kewirausahaan yang menggunakan media elektronik atau internet yang dapat menampilkal tulisan, foto, video, dan audio. Biasanya digunakan untuk kegiatan dalam bisnis,” kata Rudi saat membuka secara resmi Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy di Hotel Fox Harris Kota Pangkalpinang, Minggu (27/11).

Baca: Adisatrya Dorong UMKM Cilacap Tembus Pasar Ekspor

Diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh BPPTIK Kementerian Kominfo selama 2 hari (27-28 November 2022) di empat lokasi; Hotel Fox Harris, Hotel Puncak, Hotel Santika, dan Hotel Sol Marina dengan total peserta sebanyak 500 orang.

Lanjut politisi PDI Perjuangan itu menuturkan, kewirausahaan digital dinilai memiliki keunggulan yang perlu dimanfaatkan secara optimal. Diantaranya memiliki jangkauan promosi yang luas dan tidak terbatas, akses yang terbuka untuk menentukan dan memilih produk yang akan dijual atau dibeli.

Kemudian, konsumen dapat dengan mudahnya menemukan produk yang dibeli hanya melalui internet. Kemudian konsumen dapat memilih produk dan pembayaran secara langsung di toko online tersebut, transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien serta dapat menekan biaya.

“Kita ketahui bahwa penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan produktivitas pelaku usaha terhadap berbagai guncangan ekonomi,” ungkap wakil rakyat yang sudah duduk di DPR RI selama 4 periode tersebut.

Lebih lanjut, dalam menjalanlan bisnis digital, Rudi mengharapkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat memahami dasar kewirausahaan digital. Dengan begitu, peluang usaha dapat berjalan secara optimal.

Baca: Indah Perjuangkan Akses Permodalan Bagi UMKM di Sidoarjo

“Membangun produk yang market fit, membangun branding produk, digitalisasi produk, mampu mengoprasikan tools digital marketing toko online (Marketplace), promosi berbasis konten yang kreatif, teknologi untuk pembayaran atau payment,” ungkapnya.

Rudi menilai, kewirausahaan digital sangat penting dan memberikan manfaat besar. Tak heran jika mengacu pada data survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 87,43% usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia telah menggunakan internet dalam berbisnis.

Dalam kesempatan yang sama, Sub koordinator program dan pelaporan BPPTIK Kementerian Kominfo, Hamdani Pratama mengatakan bahwa kegiatan kali ini bertujuan untuk meningkatkan dan memelihara peserta pelatihan khususnya bagi para pelaku UMKM di Kota Pangkalpinang.

Quote