Ikuti Kami

Andreas Kenang Permadi Sebagai Sosok Aktivis Yang Militan Saat Hadapi Orba

Andreas menyebut Permadi selalu memegang ideologi Soekarnois sebagai landasan tindakannya.

Andreas Kenang Permadi Sebagai Sosok Aktivis Yang Militan Saat Hadapi Orba
Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira.

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira mengungkapkan bahwa Permadi adalah aktivis yang militan saat menghadapi rezim Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto.

"Almarhum Permadi adalah aktivis gerakan, politisi militan. Saya, kita mengenal Mas Permadi sebagai aktivis yang sangat militan menentang rezim otoritarian Soeharto selama masa Orde Baru," kata Andreas kepada Tribunnews.com.

Baca: PDI Perjuangan Tugaskan Ganjar Pranowo Dalam Pilkada Serentak

Ketika belum banyak orang yang berani turun ke jalan, Permadi sudah turun ke jalan berorasi dimana-mana menentang pemerintahan Orde Baru yang korup dan militeristik," sambungnya.

Baca juga: Habiburokhman Sebut Permadi tidak dalam Kondisi Sakit Sebelum Meninggal Dunia

Lalu, setelah menjadi kader PDIP, Andreas mengaku kagum atas capaian Permadi ketika menjadi anggota DPR tiga periode meski selanjutnya memutuskan pindah ke Gerindra.

Saat sudah pindah partai, dia mengungkapkan masih sempat bertemu di beberapa acara dengan Permadi.

Namun, sambungnya, dalam pertemuan tersebut, Andreas melihat mantan rekan satu partainya itu sudah tidak sehat karena faktor usia.

"Ketika bergabung dengan Gerindra, saya masih sempat bertemu di beberapa acara, namun nampaknya faktor kesehatan dan juga usia, Permadi yang biasanya garang, nampak tidak se-energik dan militan seperti ketika masa reformasi dan masa di fraksi PDI Perjuangan," ceritanya.

Kendati sudah bukan kader PDI Perjuangan, Andreas menyebut Permadi selalu memegang ideologi Soekarnois sebagai landasan tindakannya.

Baca: Ganjar: Perlu Ada Ruang 'Check and Balances' di Pemerintahan

"Kendatipun beda partai, garis ideologi Sukarnois tetap sama, tidak berubah. Selama jalan senior, selamat jalan kawan juang, Mas Permadi. Merdeka!" pungkas Andreas.

Seperti diketahui Politikus senior, Permadi Satrio Wiwoho atau Permadi SH meninggal dunia pada Rabu (12/6/2024) hari ini.

Kabar duka ini diumumkan oleh Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin.

Quote