Ikuti Kami

Bangun Angkatan Perang, Jasa Soekarno & KH Hasyim Asy'ari! 

Hal itu diungkap oleh Mas Ipin saat diwawancarai ulama kondang Gus Miftah dalam peringatan Hari Lahir ke-95 NU.

Bangun Angkatan Perang, Jasa Soekarno & KH Hasyim Asy'ari! 
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin).

Jakarta, Gesuri.id - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) mengungkapkan jasa besar Bung Karno dan Hadratusysyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari dalam merintis pembangunan Angkatan Perang Republik Indonesia.

Kader muda PDI Perjuangan itu mengungkapkan, upaya kedua tokoh itu membangun angkatan bersenjata dimulai pada masa pendudukan Jepang. Kala itu, Jepang membentuk Jawa Hokokai, dan menunjuk kedua tokoh tersebut sebagai pimpinannya.

Baca: Cendekiawan NU Beberkan Memilih dan Betah di PDI Perjuangan

Hal itu diungkap oleh Mas Ipin saat diwawancarai ulama kondang Gus Miftah dalam peringatan Hari Lahir ke-95 NU yang dilaksanakan DPP PDI Perjuangan, Minggu (31/1).

"Lalu, Bung Karno mendirikan Barisan Pelopor, dan KH Hasyim Asy'ari mendirikan Laskar Hizbullah. Bisa dibayangkan, bila kedua tokoh itu tidak ada. Bangsa Indonesia tak akan memiliki Angkatan Perang untuk mempertahankan kemerdekaan," papar Mas Ipin. 

Sebab, sambungnya, waktu itu Tentara Nasional Indonesia (TNI) belum ada. Hal itu juga yang membuat Resolusi Jihad efektif tatkala didengungkan oleh Hadratusysyaikh KH Hasyim Asy'ari. 

Baca: Hasto: Semangat Bung Karno dan Megawati Proislam Diteruskan

Kala itu, lanjut Mas Ipin yang juga Pengurus Wilayah GP Ansor ini, kalangan Nasionalis dan santri bahu-membahu mempertahankan kemerdekaan dari serangan penjajah. 

"Sejarah perjuangan itu yang harus ditangkap oleh generasi muda. Ada satu pesan saya untuk generasi muda. Kita ini ketika menjabat apapun hari ini, jangan ada yang membawa visi misi pribadi. Kita  ini hanya meneruskan perjuangan si mbah-si mbah kita dulu, hanya meneruskan perjuangan Bung Karno, meneruskan perjuangannya KH Hasyim Asy'ari," ujar Mas Ipin.

Quote