Ikuti Kami

Pemprov Sulut Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

OD-SK mampu menunjukkan capaian positif di sektor penanggulangan kemiskinan.

Pemprov Sulut Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan
Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Manado, Gesuri.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) mampu menunjukkan capaian positif di sektor penanggulangan kemiskinan.

Demikian disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan pada Rapat Koordinasi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Peningkatan Kualitas Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2018 di Ruang F.J. Tumbelaka, Kantor Gubernur, Kamis (6/12) pagi.

Baca: Olly: Kunci Keberhasilan Pembangunan Sulut Adalah Kerukunan

"Saat ini kita mampu menekan angka kemiskinan menjadi 7,8 persen atau 193,31 ribu jiwa, dari sebelumnya 8,65 persen atau 208,54 ribu jiwa pada tahun 2015. Capaian ini menunjukkan telah terjadi penurunan angka kemiskinan sebesar 0,31 persen atau 15,23 ribu penduduk miskin terbantu dengan adanya program OD-SK," kata Humiang.

Menurutnya, pencapaian yang jauh di bawah tingkat kemiskinan nasional yang berada pada range 10-11 persen ini merupakan hal yang menggembirakan, namun bukan berarti pekerjaan telah berakhir, karena masih terdapat 193,31 ribu jiwa masyarakat miskin di daerah ini yang memerlukan dorongan dan stimulan dari pemerintah untuk keluar dari garis kemiskinan.

"Hal ini adalah fakta yang kemudian menjadi tanda bagi kita untuk dengan segera menguatkan kapasitas kerja, khususnya dalam aktualisasi dan realisasi program OD-SK," ucapnya.

Baca: Olly Siap Beri Sanksi Bupati Kepulauan Talaud

Terkait dengan itu, lanjut Olly, sangat dipahami bahwa suksesnya upaya penanggulangan kemiskinan tidak hanya bergantung dari satu instansi atau unit kerja, namun juga sangat bergantung pada keterlibatan seluruh komponen pembangunan.

"Dalam konteks itulah, momentum yang tercipta saat ini harus dioptimalkan bersama sebagai wadah mengumpulkan informasi, dan menghasilkan berbagai rekomendasi terkait upaya penanggulangan kemiskinan, serta perlindungan sosial, yang dapat diimplementasikan ke depan," imbuhnya.

Quote