Ikuti Kami

Dewi Aryani: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Berkualitas

Dewi menegaskan bahwa dalam pemerintahan Jokowi-JK di mana kesehatan merupakan program nawacita ke 5

Dewi Aryani: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Berkualitas
Reses Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani

Tegal, Gesuri.id - Anggota Komisi Kesehatan DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dewi Aryani menggelar sosialisasi di bidang kesehatan bertema peningkatan mutu dan pelayanan pasien. 

"Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pasien dan menjamin keselamatan pasien, maka rumah sakit perlu mempunyai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau ke seluruh unit kerja di rumah sakit," ungkap Dewi, di sela kegiatan resesnya sejak 30 Juli hingga 15 Agustus 2018 di Kota Tegal, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Hadir dalam acara diantaranya adalah perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kota Tegal, Perwakilan RSUD Tegal dan perwakilan beberapa puskesmas serta tokoh masyarakat dari 4 kecamatan di Kota Tegal.

Dalam kegiatan reses bersama warga dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah 9 yang meliputi Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kota Tegal itu, Dewi menegaskan bahwa dalam pemerintahan Jokowi-JK di mana kesehatan merupakan program nawacita ke 5, maka diharapkan rumah sakit dan puskesmas meningkatkan mutu pelayanan maupun peralatan kesehatannya dalam menunjang pelayanan.

"Untuk melaksanakan program tersebut, tidaklah mudah karena memerlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara kepala bidang atau divisi medis, keperawatan, penunjang medis, administrasi, dan lainnya termasuk kepala unit atau departemen/instalasi pelayanan," urai Dewi.

Rumah sakit, tambah dia, harus menetapkan komite/tim atau bentuk organisasi lainnya untuk mengelola program peningkatan mutu dan keselamatan pasien agar mekanisme koordinasi pelaksanaan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien dapat berjalan lebih baik.

"Standar ini menjelaskan pendekatan yang komprehensif untuk peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang berdampak pada semua aspek pelayanan," imbuh wanita yang akrab disapa DeAr tersebut.

Quote