Ikuti Kami

Ajaran Bung Karno Jadi Resep Ampuh Hadapi Pandemi

Yakni rasa kebersamaan, gotong royong, solidaritas, kemanusiaan, keadilan sosial serta religius.

Ajaran Bung Karno Jadi Resep Ampuh Hadapi Pandemi
Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi, Sugirah.

Banyuwangi, Gesuri.id - Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi, Sugirah, menilai ajaran sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Ir Soekarno (Bung Karno) adalah resep pemulihan ekonomi masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali dan meneladani warisan ayahanda Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tersebut. Pernyataan ini disampaikan Sugirah usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur, Kamis (29/7).

"Rasa kebersamaan, gotong royong, solidaritas, kemanusiaan, keadilan sosial serta religius, itu yang diajarkan oleh Bung Karno. Dan jika itu diterapkan oleh seluruh masyarakat, saya yakin keterpurukan ekonomi ini bisa segera pulih," katanya. 

Baca: Rafiq Minta Ajaran Bung Karno Diterapkan Dalam Kehidupan

Sugirah mengajak seluruh kader partai berlambang Banteng Moncong Putih untuk mendorong terbitnya regulasi dan kebijakan yang pro rakyat. Yang pro tumbuh kembang perekonomian Wong Cilik. Yang pro percepatan pemulihan ekonomi masa pandemi.

Dan sebagai pijakan adalah ajaran Bung Karno. Khususnya yang telah digali dan dituangkan oleh sang Proklamator dalam sila-sila Pancasila. Yang merupakan dasar negara serta nafas hidup berbangsa dan bernegara seluruh rakyat Indonesia.

"Sebagai penerus perjuangan Bung Karno, mari bersama kita dorong kebijakan masa pandemi yang mampu membawa manfaat dan menguntungkan masyarakat," ungkapnya.

Dengan mengenakan busana merah menyala khas PDI Perjuangan, Pakde Sugirah tak lupa mengajak untuk selalu mendekatkan diri pada Tuhan YME. Sesuai dengan bunyi sila pertama Pancasila. Mengingat segala bentuk kenikmatan, kesusahan, kesenangan yang dialami umat manusia segalanya bersumber dari Nya.

"Mari kita semua berdoa agar pandemi segera berakhir dari bumi Indonesia," cetusnya.

Baca: Kudatuli, Kader Banteng Wajib Teladani Para Pejuang Partai

Wakil Bupati yang berlatar belakang seorang petani tulen ini tak lupa mengajak masyarakat Banyuwangi, untuk saling bergotong royong. Meningkatkan kepekaan sosial terhadap sesama.

Dan untuk kalangan pejabat pemerintahan, dia meminta agar senantiasa membuat kebijakan yang mengedepankan manfaat yang lebih luas. Demi pemerataan ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

"Masyarakat sedang susah, mereka butuh kehadiran pemerintah," ungkap Sugirah.

Quote