Ikuti Kami

Ansy Dorong Mahasiswa Ruteng Geluti Ekonomi Kreatif

Bimbingan karir bertujuan menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja, untuk memilih lapangan kerja atau jabatan atau profesi tertentu.

Ansy Dorong Mahasiswa Ruteng Geluti Ekonomi Kreatif
Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema (Ansy Lema) .

Ruteng, Gesuri.id - Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema (Ansy Lema)  membawa materi bimbingan karir bagi para mahasiswa Program Studi PGSD, Teologi, Bahasa Inggris di Universitas Katolik Santo Paulus Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT), baru-baru ini. 

Bimbingan karir bertujuan menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja, untuk memilih lapangan kerja atau jabatan atau profesi tertentu. Dengan begitu, ujar Ansy, mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan pekerjaan yang dipilih. 

"Tema yang saya bawakan adalah membangun ekonomi kreatif. Terlepas dari pilihan bebas para mahasiswa untuk memilih jenis pekerjaan, saya mendorong mereka untuk berani terjun  memulai merintis ekonomi kreatif," ujar Ansy. 

Baca: Ansy Lema Atasi Kemiskinan NTT dengan Pertanian Lahan Kering

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan, ekonomi kreatif adalah era baru ekonomi yang sangat mengutamakan kreativitas, inovasi, penggunaan ide, dan keterampilan teknologis, khususnya pada bidang industri kreatif. 

Saat ini, sekurangnya terdapat 14 jenis industri kreatif, yakni periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, mode (fashion), media (film, video, dan fotografi), seni pertunjukkan, penerbitan-percetakan, software, riset dan pengembangan, musik, dan penyiaran. 

"Di era pandemi seperti ini, para mahasiswa perlu segera adaptif dan melakukan transformasi digital. Misalnya, promosi dan pemasaran industri kreatif mulai menggunakan teknologi digital melalui platform Facebook, Instagram, dan Youtube," ujar Ansy, yang berasal dari NTT ini. 

Maka, lanjut Ansy, mahasiswa Unika Santo Paulus Ruteng harus cepat beradaptasi dengan teknologi digital serta berani berkreasi dan berinovasi untuk merintis ekonomi kreatif. 

Baca: Kepada Bulog, Ansy Ingatkan Penyerapan Gabah Petani

Ansy pun berterima kasih kepada Rektor Unika Santo Palus Ruteng, Romo Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A, para pastor, dosen, pegawai dan mahasiswa yang telah menyambutnya dengan penuh keramahan dan persaudaraan. 

"Saya sungguh bahagia merasakan suasana kampus; membangkitkan kenangan indah belasan tahun mengajar di Universitas Nasional dan Universitas Paramadina," ujar Ansy. 

"Saya berharap, Unika Santo Paulus Ruteng terus mentrasfomasi diri sebagai institusi pendidikan yang ramah ekosistem ekonomi kreatif, sehingga mampu menjadi institusi pendidikan yang mengembangkan kreativitas dan inovasi para mahasiswa di era revolusi industri 4.0," tambahnya.

Quote