Ikuti Kami

Gibran Positif COVID-19, Banteng Solo Bagikan Tips Kesehatan

Menurut anggota DPRD Kota Solo Hartanti, lebih baik Gibran fokus dengan kegiatan isolasinya. 

Gibran Positif COVID-19, Banteng Solo Bagikan Tips Kesehatan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Surakarta, Gesuri.id - Anggota DPRD Kota Solo dari PDI Perjuangan yang merupakan penyintas COVID-19 memberikan saran dan tips kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga positif COVID-19.

Menurut anggota DPRD Kota Solo Hartanti, lebih baik Gibran fokus dengan kegiatan isolasinya. 

“Kalau pengin segera sehat ya mestinya Mas Wali Kota mengurangi aktivitas bekerjanya. Kan ada Pak Wawali dan Sekda yang menjalankan tugas,” tuturnya.

Baca: Bobby Minta Rumah Sakit Tambah Tidur Untuk Pasien COVID-19

Untuk mengisi kegiatan selama isolasi, politikus PDI Perjuanhan Solo yang pernah positif COVID-19 itu menyarankan Gibran melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran.

Ia mencontohkan dirinya yang sering melakukan video call dengan keluarga dan para sahabatnya saat menjalani isolasi. “Kalau aku dulu (saat positif COVID-19) suka VC dengan keluarga dan teman-teman. Topik pembicaraan yang ringan dan seru-seru. Jangan tema yang berat-berat. Biar perasaan bahagia dan enggak merasa kesepian,” ujarnya.

Selain itu, menurut Hartanti, sangat penting bagi pelaku isolasi untuk mengonsumsi makanan bergizi, multivitamin, serta berjemur sinar matahari. Tidak kalah penting pelaku isolasi untuk menjaga pikirannya agar tidak panik.

“Harus tenang, pikiran longgar dulu. Meskipun pekerjaan banyak tapi dilonggarkan dulu, biar imunnya baik. Enggak boleh panik. Itu yang utama. Kalau soal makanan dan berjemur pasti dilakukan Mas Wali,” katanya.

Saran serupa disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Solo, YF Sukasno, untuk Gibran yang tengah positif COVID-19. Politikus senior Kota Bengawan itu menekankan pentingnya untuk tetap tenang ketika terkonfirmasi positif COVID-19.

Lebih dari itu orang yang positif COVID-19 harus membangun semangat optimismenya pasti segera sembuh dan bertemu keluarga. Untuk mendukung upaya penyembuhan Sukasno menyarankan terapi air putih.

“Siang hari minum air putih hangat sebanyak-banyaknya. Kalau malam minumnya sedikit saja, yang penting tenggorokan tidak kering. Makan nasi sedikit, tapi telur rebus, sayur yang banyak. Minum vitamin dan madu,” ungkapnya.

Baca: Hadiah Simpedes BRI, Bupati Diaan Beri Selamat Para Pemenang

Selama menjalani isolasi mandiri, Sukasno juga rutin berjemur di terik matahari siang. 

“Berjemur mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. Mudah-mudahan Mas Wali Kota segera sembuh dan bertugas kembali,” harapnya.

Seperti diketahui, Gibran positif COVID-19 berdasarkan tes PCR di RSUD Bung Karno, Solo, awal pekan ini. Ia saat ini tengah menjalani isolasi di suatu tempat yang diduga Loji Gandrung. Istri dan kedua anaknya sudah dites dan hasilnya negatif.

Quote