Ikuti Kami

Ihsan Minta Sofyan Sikapi Isu Bagi-bagi Kavling Tanah di IKN

Ihsan mempertanyakan apakah isu itu sengaja dibuat untuk mendegradasi cita-cita luhur pemerintah sekarang.

Ihsan Minta Sofyan Sikapi Isu Bagi-bagi Kavling Tanah di IKN
Anggota DPR RI Ihsan Yunus.

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI Ihsan Yunus meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menyikapi isu bagi-bagi kavling tanah di ibu kota negara (IKN).

"Isu ini sekarang sedang sensitif, dan Bapak pernah dimintai penjelasan," kata Ihsan dalam rapat kerja Komisi II bersama Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4).

Baca: Gubernur Olly Doakan Ali Ibrahim Menang di Pilgub Malut 2024

Dia mempertanyakan apakah isu itu sengaja dibuat untuk mendegradasi cita-cita luhur pemerintah sekarang, dengan membuat legacy pemindahan ibu kota. Atau, memang ada kejadian seperti itu.

"Saya harap Pak Menteri untuk disikapi betul, karena bukan sekadar isu, tetapi sudah mulai ada indikasi," ucapnya.

Ihsan meyakini Menteri Sofyan mempunyai infrastruktur, informasi hingga akses data cukup luas untuk mengetahui jika memang ada indikasi seperti itu.

"Kalau, misalnya, Pak Menteri tidak tahu sama sekali, saya menjadi ragu," ujarnya.

Baca: Dikomandoi Banteng Bolmut, DPRD Paripurnakan LKPJ TA 2021

Terkait hal itu, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil menyatakan pihaknya telah mendengar isu bagi-bagi tanah tersebut. "Itu masih isu, kami belum mendapatkan data yang riil," katanya menegaskan.

Namun, dirinya telah berkomunikasi dengan Kepala Bappenas, KPK dan Kepala Otorita IKN untuk melihat, dimana lokasi yang diduga ada bagi-bagi tanah tersebut.

Quote