Ikuti Kami

Kepala Desa Wajib Konsolidasi Warga Jaga Pancasila & NKRI  

"Pelantikan ini harus menjadi momentum konsolidasi memassalkan nilai Pancasila dalam kehidupan warga".

Kepala Desa Wajib Konsolidasi Warga Jaga Pancasila & NKRI  
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Darul Hasyim Fath.

Sumenep, Gesuri.id - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Darul Hasyim Fath mengatakan pelantikan kepala desa terpilih tahun 2021 menjadi momentum untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan warga.

Baca: Gempa NTT, Risma Bongkar 4 Gudang Logistik & Kirim Bantuan 

Terlebih, para kepala desa terpilih sebagai representasi warga mayoritas di desa masing-masing, memiliki otoritas politik yang diqemban di setiap pundak mereka. Maka, sudah menjadi kewajiban pimpinan tertinggi di tingkat desa ini mengkonsolidasikan seluruh warga dalam komitmen menjaga tegaknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indronesia) dan Pancasila sebagai causa prima dari seluruh stratifikasi hukum negara.

"Perhelatan pemilihan kepala desa di Kabupaten Sumenep telah usai. Hari Kamis besok momentum bupati melantik sejumlah kepala desa terpilih. Dalam pelantikan ini harus menjadi momentum konsolidasi memassalkan nilai Pancasila dalam kehidupan warga," ujar Darul, saat diwawancarai di Sumenep, Selasa (14/12).

Darul menuturkan, prasyarat prosedur demokrasi di tingkat desa telah tergelar, kini Pemerintah Kabupaten Sumenep perlu menegaskan kepada para kepala desa terpilih untuk memastikan kehadiran negara di jarak yang paling dekat, sebab kepala desa bertindak atas negara di tingkat desa berkewajiban menunaikan tugas konstitusional dengan tugas pokok dan fungsi melayani aneka ragam kepentingan warga.

"Lebih dari itu semua kepala desa berkewajiban memastikan haluan ideologi negara meluas menjadi kesadaran kolektif warga dalam kehidupan sehari-hari," kata Darul.

Baca: MUI Haramkan Ucap Natal, EGP! Rakyat Tetap Dukung Jokowi

Wakabid Kaderisasi dan Ideologi DPC PDI Perjuangan Sumenep ini menambahkan penguatan nilai Pancasila mempunyai pengaruh karena bisa menjaga persatuan, sesuai sila ke-3, Persatuan Indonesia.

"Saya mengajak semua pihak untuk menciptakan tatanan hidup baru dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila," ungkap Darul, memungkasi.

Quote