Ikuti Kami

Lakukan Inovasi, Tjahjo Apresiasi Kinerja Mapolresta Solo

Polresta Surakarta dalam pelayanan terhadap masyarakat sudah melakukan inovasi-inovasi dengan cepat, terjangkau, dan tidak berbelit-belit.

Lakukan Inovasi, Tjahjo Apresiasi Kinerja Mapolresta Solo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

Surakarta, Gesuri.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengapresiasi tugas dan pelayanan kepada masyarakat di Polres Kota Surakarta.

"Kami inspeksi mendadak (sidak) di Mapolresta Surakarta ini, ingin melihat kesiapan dalam masalah pelayanan terhadap masyarakat Solo," kata Tjahjo Kumolo, di sela sidak di Mapolresta Surakarta, Kamis (27/8).

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo yang rencananya meresmikan gedung Mal Pelayanan Publik di Jalan Sudirman Gladak Solo, Jumat (28/8) tersebut, bersama rombongan melakukan sidak di Mapolres untuk melihat langsung pelayanan masyarakat.

Baca: Tjahjo Pastikan Pemangkasan Eselon Jalan Terus

Menurut Tjahjo Kumolo kedatangan ke Solo untuk melihat kesiapan Polresta Surakarta, karena wilayah itu menjadi barometer nasional, dan mengkoordinir wilayah di Solo Raya.

Selain itu, Polresta Surakarta juga dijabat oleh Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, berpengalaman pernah menjabat di Karanganyar, dan Lampung, sehingga Solo kini situasi tetap kondusif.

Kendati demikian, kata Tjahjo Kumolo, yang terpenting Polresta Surakarta harus terdepan untuk bisa melayani masyarakat, termasuk kesiapan sumber daya manusia (SDM) baik sehingga dalam pelayanan cepat dalam merespons pengaduan masyarakat.

Polresta Surakarta yang memiliki jaringan hingga ke polsek-polsek bersama ini turun ke lapangan untuk membantu masyarakat terdampak, dan melakukan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan guna mencegah selama pandemi COVID-19.

"Kami selain Polresta Surakarta, rencana juga akan sidak ke instansi lainnya, seperti Kantor Imigrasi, kejaksaan, dan pengadilan, yang intinya harus siap melayani masyarakat dengan baik," katanya.

Tjahjo Kumolo dalam kesempatan itu, mengapresiasi kepada Kapolresta Surakarta bersama jajarannya selalu kompak dan solid, serta membangun komunikasi baik dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat, contohnya dengan Wali Kota Surakarta dan TNI.

"Kami akan meninjau Satuan Lalu Lintas Polresta Surakarta, baik dalam pelayanan surat izin mengemudi (SIM) yang juga membuka di Mal Pelayanan Publik di Jalan Sudirman Solo itu," katanya.

Menurut Tjahjo, Solo merupakan daerah yang bisa dikatakan sumbu pendek sehingga kesiapsiagaan aparat keamanan di kota itu harus berjalan selama 24 jam.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak mengatakan Menteri PANRB bersama rombongan melakukan sidak di Mapolresta Surakarta terkait dengan pelayanan sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT), surat izin mengemudi (SIM), surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Menurut Kapolresta Surakarta, Menteri PANRB mengapresiasi pelayanan di Mapolresta Surakarta karena dapat berjalan sesuai prosedur dan standar minimal yang harus dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Selain itu, Menteri PAN RB juga ingin memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat di tengah pendemi COVID-19, juga menerapkan protokol kesehatan, baik perlindungan terhadap petugas pelayanan maupun masyarakat, mulai dari cuci tangan dengan sabun, memakai masker, jaga jarak dan tidak bersalaman.

Baca: Tjahjo Ingatkan Parpol Jangan Gerakan ASN Untuk Katrol Suara

Bahkan, Polresta Surakarta dalam pelayanan terhadap masyarakat sudah melakukan inovasi-inovasi dengan cepat, terjangkau, dan tidak berbelit-belit sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

"Kami juga mempunyai aplikasi terobosan Sistim Operasi Pelayanan Surakarta (Sioplos). Semua masyarakat Surakarta bisa mengakses mulai dari SKCK online, pengaduan SPKT online, dan SIM secara online," kata kapolres.

Selain itu, Polresta Surakarta juga mengantisipasi dan meminimalisir segala bentuk pungutan-pungutan yang tidak semestinya.

Quote