Ikuti Kami

Sumanto Minta Media Massa diJateng Mampu Beradaptasi dan Berinovasi

Beradaptasi dan berinovasi dalam menghadapi berbagai perubahan termasuk kebijakan efisiensi di berbagai sektor.

Sumanto Minta Media Massa diJateng Mampu Beradaptasi dan Berinovasi
Ketua DPRD Jateng Sumanto.

Jakarta, Gesuri.id - Ketua DPRD Jateng Sumanto meminta para jurnalis dan pengelola media terus beradaptasi dan berinovasi dalam menghadapi berbagai perubahan termasuk kebijakan efisiensi di berbagai sektor.

Saat menjadi pembicara utama dalam Focus Group Discussion (FGD) "Bisnis Media di Era Efisiensi" di salah satu restoran di Solo beberapa waktu lalu, ia menyebut sejumlah media yang mampu beradaptasi sudah menangkap peluang yang menghasilkan.

Baca: Ganjar Pranowo Tegaskan Pentingnya Integritas bagi Pemimpin

“Kita harus bisa mencari peluang. Sekarang ini dengan banyaknya media sosial bisa diolah menjadi pendapatan. Tidak bisa lagi hanya mengandalkan iklan melalui instansi milik pemerintah. Apalagi ada kebijakan untuk efisiensi. Pintar-pintarnya kita mengolah media sosial,” ucap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar itu mengajak media untuk terus memperkuat diri dengan membuat konten-konten yang kreatif.

Ia juga menyinggung keberadaan kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI) yang sudah mulai banyak digunakan para pelaku industri media.

Meski begitu, ia juga khawatir semakin AI diperbarui, tidak menutup kemungkinan akan menggantikan banyak pekerjaan yang semula digarap manusia.

“Membaca perkembangan AI sudah sebegitu canggihnya. Namun saya yakin secanggih-canggihnya AI tidak bisa menggeser bidang energi dan pangan. Saya pun berharap rekan-rekan wartawan ini bisa meng-upgrade keterampilannya, sehingga tidak akan tertinggal atau terlindas perkembangan zaman,” katanya.

Dalam acara itu, ada tiga narasumber yang membedah kiat-kiat industri media untuk bertahan. Ketiganya Head of Media Strategist Solopos Media Group, Danang Nur Ihsan, Pemred Jawa Pos Radar Solo, Kabun Triyanto, dan Production Manager Metta Media, Farhan Arif.

Danang menyebutkan ada kolaborasi untuk tiga strategi bisnis media saat ini. Yakni melalui advertorial, banner, dan programatic. Ketiga strategi tersebut pihaknya terapkan untuk menjaga media tetap eksis untuk saat ini.

Baca: Ganjar Beberkan Penyebab Kongres PDI Perjuangan Belum Digelar

“Dengan tidak meninggalkan media sosial melalui platform TikTok, X, Instagram, bisnis media juga tetap ada yang fokus pada cetak dan website,” lanjutnya.

Sementara Kabun menyebutkan industri media terutama cetak sudah mulai membaca perilaku masyarakat sekarang ini. Terutama terkait kebiasaan membaca.

Masyarakat saat ini cenderung lebih suka pada informasi-informasi yang bersifat visual. Dengan demikian industri media harus tahu konsep visual yang diinginkan masyarakat sehingga bisa bertahan dan berkembang.

Quote