Ikuti Kami

Gus Nabil Maksimalkan Medsos untuk Komunikasi Publik

Pendekatan konvensional seperti bertatap muka tetap dilakukan.

Gus Nabil Maksimalkan Medsos untuk Komunikasi Publik
Anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen. Foto: Gesuri.id/ Elva Nurrul Prastiwi.

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen memiliki cara tersendiri dalam melakukan komunikasi publik terutama dalam menyapa konstituen di daerah.

Pendekatan konvensional seperti bertatap muka tetap dilakukan, namun komunikasi lebih banyak dilakukan dengan menggunakan berbagai saluran media sosial (medsos).

Baca: Medsos Diurus Admin, Gibran: Saya Tak Terlalu Suka Sosmed

Platform media baru, misalnya Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube dipilih baik untuk sekadar menyapa konstituen di daerah pemilihan (dapil) maupun untuk menyampaikan berbagai kegiatan yang terkait dengan tugas sebagai anggota Parlemen di Senayan.

”Begitu pula dengan anggota DPR dari kelompok milenial juga punya saluran komunikasi khusus untuk menyapa publik. Saya sendiri menfokuskan di media sosial, terutama konten-konten di Youtube (Channel Nabil Haroen),” tutur politikus berusia 35 tahun ini di Jakarta, Senin (2/12).

Pernyataan tersebut sekaligus menanggapi hasil survei Institut Riset Indonesia (INSIS) yang menyebutkan bahwa para politisi milenial di Senayan belum banyak bersuara dan mewarnai pertarungan opini di media massa. 

Diakui Gus Nabil media massa, baik media cetak dan online selama ini masih menjadi kanal aspirasi publik.

Baca: Mantap, Jateng Kembali Jadi Pemprov Informatif

Namun, riset itu tidak apple to apple untuk membandingkan dengan tingkat pengaruh (influence) di ruang publik. 

Perlu ada riset lanjutan untuk melihat pengaruh DPR milenial di ruang publik. Tentu, catatan publikasi media massa menjadi salah satu dari instrumen untuk menganalisa.

Quote