Ikuti Kami

Suratman Minta Sekolah Swasta di Bantul Tingkatkan Mutu dan Kualitas

Ini menyusul adanya keluhan dari sejumlah kepala sekolah swasta di Bantul yang mengaku dalam beberapa tahun terakhir kekurangan siswa.

Suratman Minta Sekolah Swasta di Bantul Tingkatkan Mutu dan Kualitas
Ketua Komisi D DPRD Bantul, Suratman.

Bantul, Gesuri.id - Komisi D DPRD Bantul meminta kepada sekolah swasta untuk jenjang SMP meningkatkan mutu dan kualitasnya, agar mampu bersaing dengan sekolah negeri dalam mendapatkan siswa.

Hal ini menyusul adanya keluhan dari sejumlah kepala sekolah swasta di Bantul yang mengaku dalam beberapa tahun terakhir kekurangan siswa.

"Jadi sebenarnya tidak hanya sekolah swasta, sekolah negeri juga harus meningkatkan mutu dan kualitasnya. Karena mutu dan kualitas ini kurang maka, akan melahirkan anak-anak yang kurang," kata Ketua Komisi D DPRD Bantul, Suratman, Kamis (6/6/2024).

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, penurunan siswa yang mendaftar di sekolah SMP swasta sejatinya bukan karena adanya penerapan PPDB untuk SMP negeri. Akan tetapi, lebih kepada berhasilnya program KB, sehingga membuat jumlah anak mengalami penurunan.

"Saya apresiasi apa yang dilakukan oleh sekolah swasta. Jadi tidak bisa disalah-salahkan. Ini adalah bentuk keberhasilan program KB," terang Suratman.

Ke depan, ia berharap agar ada laporan dari masing-masing sekolah terkait dengan siswa kurang pandai. Siswa yang kurang pandai ini kedepan harus menjadi fokus dari dinas dan sejumlah pihak untuk bagaimana siswa tersebut bisa menyesuaikan dengan siswa yang pandai.

"Yang kurang ini harus diperhatikan. Jadi mutu dan kualitas sekolah baik negeri dan swasta harus ditingkatkan. Jika nanti ada swasta dan negeri yang kurang perhatikan anak yang kurang pandai, maka ini jadi catatan dari pemerintah," ucap Suratman.

Sumber

Quote