Ikuti Kami

Ananta Wahana Dukung Restrukturisasi PT. Pertamina

Ananta berharap restrukturisasi PT. Pertamina (Persero) bisa memberikan dampak nyata terhadap kemandirian energi nasional dan kesejahteraan

Ananta Wahana Dukung Restrukturisasi PT. Pertamina
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana.

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana berharap restrukturisasi PT. Pertamina (Persero) bisa memberikan dampak nyata terhadap kemandirian energi nasional dan kesejahteraan rakyat.

"Restrukturisasi harus punya dampak langsung terhadap kemandirian energi dan dapat efektif mengurangi ketergantungan impor untuk konsumsi dalam negeri," kata Ananta dalam rapat dengar pendapat Komisi VI DPR RI dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Kamis (20/5).

Baca: Ahok Akui Sempat Positif Covid. Sekarang Begini Kondisinya

Wakil rakyat asal Dapil Banten III membeberkan data, setidaknya ada 8 lini bisnis anak serta cucu perusahaan Pertamina seperti Migas, bisnis Kesehatan dan Rumah Sakit, penerbangan, asuransi, properti, perhotelan, minimarket hingga bisnis pendingin ruangan.

Setiap lini bisnis itu dijalankan oleh anak serta cucu usaha yang berbeda-beda, dan memang menjadikan Pertamina sebagai BUMN dengan lini bisnis salah satu yang terbanyak.

Nicke Widyawati membeberkan restrukturisasi di internal perusahaan migas pelat merah yang telah mengubah struktural perusahaan.

Baca: IPO PIS, Paramitha Ingatkan Keadilan Distribusi BBM-BBG

Restrukturisasi dilakukan dengan memangkas jumlah anak perusahaan dari 127 menjadi 12 perusahaan. Adapun 12 anak perusahaan itu dikelola oleh enam subholding Pertamina yang dibentuk sejak tahun lalu.

Nicke menyebut restrukturisasi ini sebagai kelanjutan dari perampingan yang telah berjalan sebelumnya pada Juni 2020. Hal ini sejalan dengan telah ditetapkannya Pertamina sebagai induk atau holding BUMN Energi di Indonesia

Quote