Ikuti Kami

2020, Hendi Targetkan Kota Lama Semarang Bebas Kendaraan

Pemkot Semarang telah menyiapkan lima kantong parkir untuk menunjang fasilitas pengunjung yang datang di kawasan Kota Lama.

2020, Hendi Targetkan Kota Lama Semarang Bebas Kendaraan
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Semarang, Gesuri.id - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menargetkan pada tahun 2020 mendatang, konsep car free zone (kawasan bebas kendaraan) dapat di terapkan di kawasan Kota Lama.

“Kalau saya lihat dari time line kerjanya, mungkin sekitar awal tahun 2020 sudah bisa diterapkan konsep Car Free Zone di sini,” ujarnya, Rabu (18/9).

Baca: Hendi: Semarang Harus Lebih Maju di Banding Kota Lain

Untuk itu, Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan lima kantong parkir untuk menunjang fasilitas pengunjung yang datang di kawasan Kota Lama. Hal ini mengingat, pasca selesainya revitalisasi Kota Lama Semarang tahap I pengunjung kawasan ‘Little Netherland’ itu semakin ramai.

”Komplain terbesar pasca revitalisasi ini adalah dari masyarakat yang datang ke sini untuk berwisata dengan kendaraan bermotor, ada yang mengeluh tidak dapat parkir, kalau dapat parkir tarif cukup memberatkan,” kata Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini.

Hendi menjelaskan nantinya sejumlah kantong parkir yang disiapkan untuk Kota Lama akan dikelola secara resmi oleh Pemkot. Dengan pengelolaan langsung oleh jajarannya agar nantinya tarif parkir apat berlaku sesuai perda sehingga tidak memberatkan wisatawan.

Baca: Hendi: Perkembangan Semarang Bisa Dirasakan Siapa Saja

Dibangunnya lima kantong parkir di kawasan tersebut, lanjut Hendi, salah satunya sebagai persiapan penerapan kebijakan car free zone di kawasan bersejarah tersebut.

“Para wisatawan yang berjalan-jalan di kawasan Kota Lama ini juga banyak yang merasa terganggu dengan lalu lalang kendaraan,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Quote