Ikuti Kami

Nasdem Temui PKS, Hasto Ingatkan Posisi di Koalisi

Hasto mengingatkan bahwa menyadari dan melaksanakan posisi politik di dalam koalisi pendukung pemerintah merupakan hal yang penting.

Nasdem Temui PKS, Hasto Ingatkan Posisi di Koalisi
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Gesuri.id/ Alvin Cahya Pratama.

Jakarta, Gesuri.id - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan PDI Perjuangan tidak mempersoalkan keharmonisan yang tampak antara Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman. 

Meski begitu, Hasto mengingatkan bahwa menyadari dan melaksanakan posisi politik di dalam koalisi pendukung pemerintah merupakan hal yang penting.

Baca: Nasdem-PKS Jadi Oposisi, Ini Tanggapan PDI Perjuangan

 "Tentu saja dialog di antara pemimpin partai memang bagian dari tradisi demokrasi kita. Tapi tradisi di dalam menjalankan posisi politik di dalam koalisi atau di dalam pemerintahan itu sangat penting," ujar Hasto kepada wartawan di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Barat, Jumat (8/11). 

Hasto menyebutkan, Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan pendapatnya mengenai keharmonisan Nasdem dengan PKS. Meskipun dibalut kelakar, Hasto yakin, pernyataan itu merupakan patokan nilai yang semestinya dilakukan oleh anggota koalisi pendukung pemerintah, tak terkecuali Nasdem.

"Ya pendeknya Bapak Presiden dengan caranya sudah menyampaikan berbagai hal terkait pertemuan tersebut," ujar dia. 

Meski demikian, Hasto membantah kedekatan Surya dengan Sohibul bermakna bahwa Nasdem mulai menjauhi koalisi pemerintah. 

Baca: Nasdem Temui PKS, Arif Ingatkan Jangan Berpolitik Dua Kaki!

"Tidak ada yang menjauh dan tidak ada yang mendekat. Setiap partai politik punya posisi politiknya masing-masing dan kami hormati," tambah Hasto.

Seperti diketahui,pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman digelar di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta, 30 Oktober 2019. Pertemuan itu menghasilkan beberapa nota kesepahaman.

Quote