Ikuti Kami

Tim Relawan Ganjar: Lomba Mural Anak Muda Perkecil Ruang Konflik Jelang Pemilu

Seni mural bisa jadikan salah satu wadah anak-anak muda untuk mengapresiakan diri dalam melihat dinamika politik menjelang Pilpres 2024.

Tim Relawan Ganjar: Lomba Mural Anak Muda Perkecil Ruang Konflik Jelang Pemilu
Seni mural yang digelar Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Sabtu (2/9) pagi. Acara ini turut dihadiri 70 orang dan dibagi menjadi 12 tim ini mayoritasnya diisi oleh anak muda atau para generasi Z.

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP) Restu Hapsari mengatakan sebagai pemuda tak boleh acuh dan abai terhadap dunia politik. Karena, banyak cara yang bisa dilakukan oleh generasi muda untuk menciptakan suasana politik yang demokratis.

Baca; Gus Falah: Suara Nahdiyin Tidak Otomatis Dukung Anies-Muhaimin

Ia juga menilai seni mural bisa jadikan salah satu wadah anak-anak muda untuk mengapresiakan diri dalam melihat dinamika politik menjelang Pilpres 2024. Terutama, dalam upaya untuk memperkecil ruang konflik dan polarosasi.

"Demokrasi ini dan melalui pemilu lah anak muda bisa langsung terlibat, proses kita juga masih panjang 5-6 bulan ke depan. Ini jadi sarana kita anak muda untuk tidak ikut-ikutaan dalam arus pragmatisme politik yang sekarang masih cukup luar biasa," ungkap Restu di sela-sela melihat seni mural yang digelar Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Sabtu (2/9) pagi. Acara ini turut dihadiri 70 orang dan dibagi menjadi 12 tim ini mayoritasnya diisi oleh anak muda atau para generasi Z.

"Dan ini yang menjadi tanggug jawab kita meskipun bukan kita sendiri tetapi terlibat untuk memperkecil ruang-ruang konflik menjadi polarisasi diantara kita," jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, kompetisi mural yang bekerja sama dengan Komunitas Plural (Panggung Lukis Moral) menjadi ajang anak muda untuk mengekspresikan harapan serta pesan untuk kemajuan Indonesia.

Sebab, Restu menyakini bahwa seni mural yang dituangkan oleh anak-anak muda ini bisa menjadi wadah untuk menuangkan kreatifitas sebebas-bebasnya.

"Kami berharap jadi sarana ekspresi produktif oleh anak-anak muda untuk mengeksplor ada harapan, ada pesan mungkin juga kedepannya untuk Indonesia Maju dimimpikan oleh anak-anak muda," kata Restu Hapsari.

Saat disinggung kegiatan ini untuk mengaet suara kelompok generasi Z, Restu menyebut bahwa seni mural ini turut melibatkan seluruh kalangan anak muda. Sebab, menurut dia, seni tak terbatas oleh usia.

"Karena seni itu semua kalangan bisa masuk, semua suka dari mural seperti ini karena kita sering lihat di kalang muda banyak sekali dan (mural) masuk juga ke kafe," ungkapnya.

Baca; Banggar Minta Kemenkeu Siapkan Aksi Turunkan Emisi Akibat Polusi

Adapun acara ini juga akan dihadiri oleh bintang tamu The Poski, pelaku seni mural yang terkenal di kalangan anak muda. Dan nantinya akan ada acara hiburan musik hingga bazar UMKM di halaman Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo.

Quote

https://img.gesuri.id/crop/350x150/content/2024/07/07/188399/calon-walikota-salatiga-hartoko-budhiono-gratiskan-wifi-di-seluruh-salatiga-AZL0B90vPu.jpg